Kajian LaporCovid-19
Pengendalian pandemi perlu dilakukan dengan berbasis bukti. Kami melakukan berbagai kajian terkait pandemi COVID-19, baik kajian kesehatan publik, epidemiologi, maupun kajian sosial. Kajian dilakukan dengan berkolaborasi bersama ilmuan dan peneliti independen.
Kajian Persepsi Risiko DKI Jakarta Bekerja sama dengan Social Resilience Lab, NTU dan Pemerintah Provinsi DKI, kami mengukur persepsi risiko warga Jakarta terhadap pandemi COVID-19.
Kajian Persepsi Risiko Surabaya Bekerja sama dengan Social Resilience Lab, NTU dan Pemerintah Kota Surabaya, kami mengukur persepsi risiko warga Surabaya terhadap pandemi COVID-19.
Kajian Lawan Stigma laporcovid19.org bekerjasama dengan Kelompok Peminatan Intervensi Sosial Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyelenggarakan survei untuk memahami lebih jauh tentang stigma sosial terkait COVID-19. Selain itu, sudah dibentuk sebuah platform.
Kolaborasi Penelitian Excess Death Pendataan yang akurat dan transparan, termasuk data tentang kematian, merupakan kunci penanganan pandemi COVID-19. Bekerja sama dengan Eijkman Oxford Clinical Research Unit (EOCRU) dan the Conversation kami melakukan studi “excess death” di sejumlah kota di Indonesia. Kami ingin mengungkap kematian yang tidak tercatat (underreporting deaths) selama pandemi melalui pendekatan kolaborasi jurnalisme periset.